The Python Workbook: Buku Latihan Python
The Python Workbook a brief introduction with exercises and solutions Ben Stephenson

The Python Workbook: Buku Latihan Python

The Python Workbook yang akan direview di sini adalah sebuah buku karya Ben Stephenson yang diterbitkan tahun 2014. Judul panjang buku itu adalah The Python Workbook: A Brief Introduction with Exercises and Solutions. Buku berbahasa inggris ini memberikan penjelasan tentang Python dengan sangat singkat. Akan tetapi, buku ini berisikan banyak latihan pemrograman python untuk pemula.

Jika kamu baru belajar pemrograman Python, buku ini membantu meningkatkan skill dalam menuangkan permasalahan nyata ke dalam program. Soal-soal latihan disusun dari yang paling mudah ke yang lebih sulit. Meskipun soalnya banyak, latihan-latihan yang ada cukup mudah diikuti. Selain karena semua level soal sepertinya untuk newbies, materinya pun berfokus pada fondasi dasar pemrograman Python.

Ruang Lingkup Buku

Buku ini mencakup pengkodingan utama dalam operasi Python yaitu operator-operator utama, pernyataan if, looping, fungsi, list, dictionary, pengelolaan file, dan rekursi. Latihan untuk setiap subbab biasanya diawali dengan materi singkat yang diperlukan untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Setiap soal yang membutuhkan penjelasan tambahan, diberikan petunjuk algoritma penyelesaiannya.

Dalam penyusunannya, buku ini dibagi menjadi dua bagian (part I dan part II). Bagian pertama mengandung materi dan soal-soal latihan sedangkan bagian kedua berisikan solusi dari latihan-latihan pada bab sebelumnya.

Kelebihan Buku The Python Workbook

Hal pertama yang bisa kita lihat dari buku ini adalah kesederhanaannya. Semua latihan soal cukup sederhana sehingga tidak meneror orang yang baru belajar bahasa pemrograman Python. Buku ini sangat cocok untuk pemula yang benar-benar baru menginjakkan kakinya di ranah per-Python-an.

Meskipun sederhana, jumlah soal yang diberikan banyak. Totalnya ada 174 soal latihan mulai dari operator dasar sampai rekursi. Solusi dikumpulkan di bab ke dua sehingga ketika mengerjakan latihan, kita tidak perlu diganggu oleh solusi yang langsung nongol di bawah soalnya. Cakupan soal sudah merangkum hampir keseluruhan dasar Python. Jika ingin berkembang lebih jauh, kita bisa langsung mengerjakan project nyata.

Kelemahan Buku The Python Workbook

Buku ini ditulis dengan bahasa inggris jadi mungkin akan sedikit menyusahkan orang-orang yang kurang paham bahasa Inggris. Untuk pengguna Python tingkat lanjut, latihan soal ini tidak berguna lagi karena terlalu sederhana. Sifat latihan pun hanyalah pembelajaran. Pengguna tingkat lanjut akan membutuhkan latihan yang lebih menantang.

Kalau tertarik, Penulis berhasil mendownload buku ini secara gratis di website Elsevier. Jika kalian fasih berbahasa inggris, buku ini perlu dicoba sebagai latihan mengasah skill Python. Jika kalian tidak bisa bahasa inggrispun, kalian bisa memanfaatkan translator gratis seperti google translate untuk memahami isi buku ini.

veanti

Siapa penulis utama veantiworld.com? Blog ini dibuat, dikelola, dan ditulis oleh Desak Putu Okta Veanti. Penulis adalah dosen jurusan klimatologi dan juga salah satu lulusan terbaik Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Penulis lulus Master Program of School of Integrated Climate System Science, University of Hamburg, Germany pada tahun 2017. Saat ini penulis aktif menekuni pekerjaan sebagai dosen, menulis blog, belajar Python, meningkatkan kemampuan bahasa asing, serta mencari informasi mengenai pseudo-science seperti astrologi dan tarot.