Python String: Pengelolaan Text dalam Python
Python meteorologi klimatologi

Python String: Pengelolaan Text dalam Python

Python string: Pengelolaan text dalam Python memuat apa saja yang bisa kita lakukan terkait dengan text. Sebelum itu, mari kita definisikan python string terlebih dahulu. Dalam python, string adalah sebuah barisan atau runtutan karakter yang berurutan. karakter sendiri adalah semua yang bisa kita masukkan ke dalam python lewat keyboard. Ini termasuk huruf, angka, simbol-simbol, dan spasi.

String tidak dapat dirubah ketika sudah selesai dibuat (immutable). Biasanya kalau kita membuat perubahan, kita akan membuat string baru yang tidak mempengaruhi string awal. Akan tetapi, jangan khawatir, biasanya hal ini tidak banyak mempengaruhi jalannya script.

Input Python untuk String

Python string dapat diinput dengan dua tanda petik (‘[string]’). Ini yang biasa dilakukan oleh programmer python dalam urusannya dengan string. Akan tetapi, sebenarnya string dalam Python juga dapat diinput dengan dua tanda petik dua (“[string]”) dan menghasilkan input yang sama. Perlu diingat bahwa penulisan string menggunakan sepasang petik satu adalah konvensi dalam penulisan kode Python. Utamakan menggunakan format konvensi jika format lainnya tidak harus digunakan.

Perlu diperhatikan, pemakaian tanda petik dan tanda petik dua jangan dicampur dan harus konsisten. Jika string dimulai dengan petik satu, harus diakhiri dengan petik satu. Begitupula kasusnya dengan petik dua.

Sekarang kita langsung lanjut aja ke pengkodean string dengan Python. Ada tiga alternatif format yang bisa kita gunakan antara lain:

Alternatif 1 (menggunakan petik satu)

‘Selamat datang di veantiworld.com’

Alternatif 2 (menggunakan petik dua)

“Selamat datang di veantiworld.com”

Alternatif 3. Jika ingin menginput satu paragraf, bisa menggawali dan mengakhiri input dengan 3 tanda petik dua

“””

Selamat datang di veantiworld.com

Tempat belajar bahasa pemrograman Python untuk pengelolaan data kebumian

Hari ini kita akan belajar Python String: Pengelolaan Text

“””

Itu dia tiga alternatif dalam memasukkan data text (string) ke dalam Python. Selanjutnya kita akan bahas operasi apa saja yang bisa kita lakukan dengan string.

Operasi Utama Python untuk String

Dalam Python, ada banyak hal yang bisa kita lakukan terhadap string. Kalau kalian sempat baca Learn Python The Hard Way, Kalian akan melihat lima bab yang dikhususkan untuk memahami string dan print. Nah, di artikel ini tidak akan membahas semuanya. Kita akan bahas yang paling sering digunakan saja. Cek halaman berikutnya untuk melanjutkan.

veanti

Siapa penulis utama veantiworld.com? Blog ini dibuat, dikelola, dan ditulis oleh Desak Putu Okta Veanti. Penulis adalah dosen jurusan klimatologi dan juga salah satu lulusan terbaik Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Penulis lulus Master Program of School of Integrated Climate System Science, University of Hamburg, Germany pada tahun 2017. Saat ini penulis aktif menekuni pekerjaan sebagai dosen, menulis blog, belajar Python, meningkatkan kemampuan bahasa asing, serta mencari informasi mengenai pseudo-science seperti astrologi dan tarot.

Tinggalkan Balasan