Operasi Pengelolaan String Python Lanjutan
Python meteorologi klimatologi

Operasi Pengelolaan String Python Lanjutan

Operasi Pengelolaan String Python lanjutan ini adalah informasi sambungan dari posting sebelumnya tentang Python String. Silahkan baca posting sebelumnya untuk mempelajari cara menggabungkan string, menghitung panjang string, menseleksi karakter dalam string, serta mengulangi string. Yang akan kita bahas pada posting ini adalah cara membagi string, menghitung jumlah karakter tertentu dalam string, mengganti string, menemukan substring, dan mengubah data lain menjadi string. Okay, Check it out!

5. Membagi String

Kalau kamu sering berurusan dengan data txt dan csv menggunakan Python, Mungkin kamu perlu untuk membagi string menjadi beberapa string-string yang lebih kecil berdasarkan karakter tertentu seperti spasi, comma, tab, dan lainnya. Misalnya saja kamu punya data Index Nino 3.4. seperti pada https://psl.noaa.gov/gcos_wgsp/Timeseries/Data/nino34.long.anom.data. di bawah ini.

Kita bisa lihat bahwa data yang tersusun dipisahkan menggunakan tab. Data-data ini bisa kita bagi berdasarkan tab. Artinya, kita memerintahkan Python untuk memisahkan text setiap melihat tab. Kalau pemisahnya koma, titik, atau spasi, kita juga bisa bagi data string tersebut berdasarkan pemisah tersebut.

Perintah yang digunakan untuk urusan ini adalah perintah split(). Ini belum menyelesaikan masalah karena kita perlu menunjuk text mana sih yang perlu kita split. Untuk menunjuk textnya, kita perlu masukkan text tersebut ke dalam sebuah variabel, contohnya text = ‘23,24,33,12,10’. Setelah kita masukkan ke dalam variable, kita perintahkan agar variabel tersebut di-split (bagi) dengan perintah: text.split(). Selanjutnya, kita perlu menjelaskan ke Python bahwa kita mau bagi berdasarkan koma. Perintah lengkap yang terbentuk adalah: text.split(‘,’)

Begini wujudnya kalau dalam terminal

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa perintahnya bukan split(text,’,’)? Split di sini sebenarnya dibuat sebagai metode untuk mengeksekusi suatu variabel yang mengandung text. Jadi format Pythonnya emang designnya begitu. Diterima aja ya.

Kalau kalian sudah paham dasarnya, kita lanjut ke format perintah lengkap split.

str.split(str=””, num = string.count(str)).

Format perintahnya adalah stringyangmaudisplit.split(‘stringpemisah’,jumlahpemisahanyangdilakukan). Penulis aware kalau ini bikin pusing -_-. Intinya, kalau kalian mau membagi string, string yang mau di-split masukkan ke dalam sebuah variable. variabel itu dieksekusi dengan split (stringyangmaudisplit.split()). Tentukan pemisahnya, stringyangmaudisplit.split(‘stringpemisah’), jangan lupa apit pake tanda petik. Kalau mau menentukan berapa kali string nya mau dibagi, tambahkan ke dalam perintah, stringyangmaudisplit.split(‘stringpemisah’,jumlahpemisahanyangdilakukan).

Selesai.

Contoh:

Ini contoh aplikasi split() dalam Python

Sekarang penjelasan cara membagi string dalam Python beneran selesai.

Operasi pengelolaan String Python Lanjutan berikutnya adalah menghitung jumlah karakter tertentu yang muncul dalam string. Lihat halaman berikutnya.

veanti

Siapa penulis utama veantiworld.com? Blog ini dibuat, dikelola, dan ditulis oleh Desak Putu Okta Veanti. Penulis adalah dosen jurusan klimatologi dan juga salah satu lulusan terbaik Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Penulis lulus Master Program of School of Integrated Climate System Science, University of Hamburg, Germany pada tahun 2017. Saat ini penulis aktif menekuni pekerjaan sebagai dosen, menulis blog, belajar Python, meningkatkan kemampuan bahasa asing, serta mencari informasi mengenai pseudo-science seperti astrologi dan tarot.

Tinggalkan Balasan